PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA INSTITUSI TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK (Studi kasus di Pondok Pesantren Modern Darussalam Pandeglang - Banten)

Kategori : TA | Tugas Akhir
Sub Kategori : KS | Skripsi
Bidang Utama : KS03 | Bidang Ekonomi dan Bisnis
Bidang Keilmuan : KS0304 | Ekonomi Syariah
Kontributor:DEWI FAJRI LATHIFAH SARI 5554150028 ; Dr. Moh. Mukhsin, SE., MM., Ahyakudin SE.,M.M
Tanggal Posting:22 Juli 2020
Tahun Dokumen : 2019

Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Peserta Didik (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Darussalam Pandeglang-Banten) baik secara pparsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Pondok Pesantren Modern Darussalam Pandeglang-Banten yang berjumlah 188 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, yaitu dengan teknik penarikan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Dengan menggunakan rumus Slovin sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 66 responden yang merupakan santri yang telah bersekolah minimal satu tahun di Pondok Pesantren Modern Darussalam Pandeglang-Banten. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan uji pasrial (Uji t) dan uji simultan (F) dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 20. Hasil uji linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 0,641 + 0,260 x1 + 0,186 x2 + e hasil tersebut menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) mempunyai pengaruh sebesar 0,260 terhadap kepuasan peserta didik (Y) sedangkan variabel citra institusi (X2) mempunyai pengaruh sebesar 0,186 terhadap kepuasan peserta didik (Y). Nilai Koefisien Determinasi menunjukkan kepuasan peserta didik dipengruhi oleh kualitas pelayanan dan citra institusi sebesar 20,3% dan sisanya sebesar 79,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil uji t nilai thitung variabel kualitas pelayanan sebesar 2,800 dan variabel citra institusi sebesar 3,303 kedua nilai ini lebih besar dari nilai ttabel (N=66) sebesar 1,998, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan (X1) dan citra institusi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan peserta didik (Y). hasil uji F nilai Fhitung sebesar 8,035 hasil ini lebih besar dari Ftabel sebesar 3,99 , sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan (X1) dan citra institusi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan peserta didik (Y).
 
 
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Citra Institusi dan Kepuasan Peserta Didik.

Dokumen :

Anda harus login untuk mengunduh dokumen ini