PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2013-2017

Kategori : TA | Tugas Akhir
Sub Kategori : KS | Skripsi
Bidang Utama : KS03 | Bidang Ekonomi dan Bisnis
Bidang Keilmuan : KS0304 | Ekonomi Syariah
Kontributor:SITI NURMEILANI 5554150032 ; Dr. Syihabudin, M.Si, Rita Rosiana, SE.,M.Si
Tanggal Posting:16 Juli 2020
Tahun Dokumen : 2019

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, Non Performing Financing, Inflasi dan Kurs terhadap Profitabilitas yang dihitung dengan Return on Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2013-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data Laporan Keuangan Publikasi Tahunan Bank Umum Syariah periode 2013-2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah 13 Bank Umum Syariah di Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria Bank Umum Syariah di Indonesia yang menyajikan laporan keuangan periode 20132017. Terdapat 8 sampel Bank Umum Syariah yang layak digunakan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antar variabel. Sedangkan uji asumsi klasik yang digunakan penelitian ini meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembiayaan Jual Beli, Inflasi dan kurs tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Sedangkan Pembiayaan Bagi Hasil dan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Kemampuan prediksi dari kelima variabel independen terhadap Profitabilitas (ROA) sebesar 56,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian.

Kata Kunci : Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, Non Performing Financing (NPF), Inflasi, Kurs, Return on Asset (ROA).

Dokumen :

Anda harus login untuk mengunduh dokumen ini