PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BERKAH BERSAMA CABANG SERANG

Kategori : TA | Tugas Akhir
Sub Kategori : KS | Skripsi
Bidang Utama : KS03 | Bidang Ekonomi dan Bisnis
Bidang Keilmuan : KS0304 | Ekonomi Syariah
Kontributor:Nopiyanti 5554150004
Tanggal Posting:23 April 2020
Tahun Dokumen : 2019

Dr. Moh. Mukhsin SE., M.M dan Tenny Badina SE., AK., ME., CA. Selaku pembimbing

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh secara parsial dan simultan variabel-variabel didalam relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan konflik terhadap kepuasan anggota pada KSPPS berkah bersama cabang Serang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dan memperoleh sampel sebanyak 96 responden yang merupakan anggota kspps berkah bersama cabang Serang. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 20. Hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y= 1,688 + 0,080 x1 + 0,210 x2 + 0,163 x3 + 0,281 x4 + e berdasarkan nilai koefisen regresi variabel keperayaan (x1) sebesar 0,080, variabel komitmen (x2) sebesar 0,210, variabel komunikasi (x3) sebesar 0,163 dan variabel penenaganan konflik (x4) sebesar 0,281 mempunyai pengaruh terhadap kepuasan anggota (Y). Dari hasil uji t nilai thitung variabel kepercayaan sebesar 2,043, variabel komitmen sebesar 2,445, variabel komunikasi sebesa 2,245, variabel penanganan konflik 2,929, dari nilai ttabel (N=96) sebesar 1,986. sehingga ditarik kesimpulan secara parsial variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan konflik berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan anggota. hasil uji F nilai Fhitung sebesar 13,341 hasil ini lebih besar dari Ftabel sebesar 2,47, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan relationship marketing yang terdiri dari variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan konflik berpengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan anggota.

Kata Kunci: kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan konflik dan kepuasan anggota.

238hlm

Dokumen :

Anda harus login untuk mengunduh dokumen ini