DEVELOPING A DIGITAL ANIMATION FOR TEACHING NARRATIVE TEXT AT NINTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 2 KOTA SERANG (Research and Development)

Kategori : TA | Tugas Akhir
Sub Kategori : KS | Skripsi
Bidang Utama : KS01 | Bidang Pendidikan
Bidang Keilmuan : KS0105 | Pendidikan Bahasa Inggris
Kontributor:MENTARI VIONA 2223140821
Tanggal Posting:24 Juli 2019
Tahun Dokumen : 2018

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kebutuhan siswa dalam pembelajaran teks naratif di kelas 9 SMP Negeri 2 Kota Serang,(2) untuk mengetahui cara mengembangkan animasi pada teks naratif, (3) untuk mengetahui kesesuaian media animasi digital pada pengajaran teks naratif di kelas 9 SMP Negeri 2 Kota Serang.Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan yang diadaptasi dari tahapan-tahapan Penelitian dan Pengembangan yang dibuat oleh Borg dan Gall (1983), yang terdiri dari (1) pengumpulan informasi penelitian, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba skala kecil, (5) revisi produk awal, (6) uji coba skala besar, (7) revisi operasional produk. Penelitian ini melibatkan guru kelas 9 dan siswa kelas 9A SMP Negeri 2 Kota Sereang. Kuesioner terbuka untuk siswa, wawancara guru, lembar penilaian siswa, dan lembar validasi ahli materi dan media digunkan untuk mengumpulkan data. Data akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, dapat ditemukan bahwa siswa/i dan guru Bahasa Inggris membutuhkan media animasi digital dalam pembelajaran teks naratif. Validasi ahli materi pada tahap uji coba skala kecil menghasilkan presentase 78% dan 90% pada tahap uji coba skala besar sementara validasi ahli media pada tahap uji coba skala kecil menghasilkan presentase 80% dan 100% pada tahap uji coba skala besar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kualitas media pengembangan ANTEX dikategorikan “Valid”. Selain itu, hasil kuesioner penilaian siswa/i menghasilkan presentase 87.5% pada tahap uji coba skala kecil sementara pada tahap uji coba skala besar menghasilkan presentase 88.5% yang membuktikan bahwa media pengembangan ANTEX “Valid”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pengembangan ANTEX sesuai untuk digunakan pada pengajaran teks naratif di kelas 9 SMP Negeri 2 Kota Serang.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah media pengembangan ANTEX dapat dijadikan salah satu media pembelajaran alternatif dalam pembelajaran teks naratif dan penting untuk memahami prosedur model pengembangan dalam membuat suatu media pembelajaran.

Kata Kunci : Animasi Digital, Teks Naratif, Penelitian dan Pengembangan

Hal: 190

Pembimbing: Dr. Siti Hikmah, M.Pd., & Dina Rachmawati, M.Pd., 

Dokumen :

Anda harus login untuk mengunduh dokumen ini