IMPROVING STUDENTS WRITING SKILL IN NARRATIVE TEXT THROUGH ROUNDTABLE TECHNIQUE AT TENTH GRADE OF SMAN 3 CILEGON

Kategori : TA | Tugas Akhir
Sub Kategori : KS | Skripsi
Bidang Utama : KS01 | Bidang Pendidikan
Bidang Keilmuan : KS0105 | Pendidikan Bahasa Inggris
Kontributor:Julia Mitha Rinardi 2223140781
Tanggal Posting:17 Mei 2019
Tahun Dokumen : 2018

Pembimbing: Ledy Nurlely, M.Pd dan Pupun Sampurna, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian dilakukan di kelas X SMAN 3 Cilegon yang terdiri dari 31 siswa. Masalahnya adalah mereka memiliki kemampuan menulis yang rendah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat langkah utama: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus berdasarkan jadwal kelas. Dokumentasi, lembar observasi, pre-test dan pot-test digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Data penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik Roundtable meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks naratif. Hal ini dapat dilihat pada hasil mereka dalam siklus 1, rata-rata skor siswa dalam siklus ini adalah 72,52. Implementasi media dan teknik dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus 2, peningkatan siswa dapat dilihat melalui skor mereka dalam tes akhir. Rata-rata siswa skor dalam tes akhir adalah 77,97. Hal ini membuktikan bahwa penerapan teknik Roundtable meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks narasi. Skor rata-rata meningkat dari 72,52 menjadi 77,97. Dua puluh tujuh siswa dari tiga puluh satu siswa mencapai nilai minimal bahasa Inggris. Dengan kata lain, sebagian besar siswa mencapai kriteria keberhasilan penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa teknik Roundtable dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks narasi di kelas sepuluh SMAN 3 Cilegon. 

Kata Kunci: Teks Naratif, Teknik Roundtable, Penulisan.

164hlm

Dokumen :

Anda harus login untuk mengunduh dokumen ini