THE INFLUENCE OF CLUSTERING TECHNIQUE IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT AT THE SEVENTH GRADE OF MTS AL-HIDAYAH KOTA TANGERANG

Kategori : TA | Tugas Akhir
Sub Kategori : KS | Skripsi
Bidang Utama : KS01 | Bidang Pendidikan
Bidang Keilmuan : KS0105 | Pendidikan Bahasa Inggris
Kontributor:Arika Fitri Tsaniya 2223140915
Tanggal Posting:16 Mei 2019
Tahun Dokumen : 2018

Dr. H. Masrupi, M.Pd as first Advisor and Dhafid Wahyu Utomo, M.A as second Advisor

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat suatu pengaruh dari teknik clustering pada mengajar menulis teks deskriptif di kelas tujuh MTs Al-Hidayah Kota Tangerang. Sample dari penelitian ini adalah siswa/I kelas VII MTs Al-Hidayah Kota Tangerang. Siswa/I kelas VIIA sebagai kelas eksperimen sedangkan siswa/I kelas VIIC sebagai kelas control, dimana masing-masih kelas terdiri dari 32 siswa/I/ Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Selain itu, desain penelitian ini adalah true-eksperimen dengan menggunakan desain pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik clustering memberikan dampak positif pada menulis deskriptif teks pada siswa. Hal itu dapat terlihat dari perhitungan antara thitung dan ttabel. Hasil dari thitung tersebut adalah 8.52, sedangkan hasil ttabel pada tungkat signifikasi 5% adalah 1.998. Perbandingan hasil perhitungan tersebut adalah 1.998 < 8.52. Kesimpulannya, tthitung nilainya lebih besar dibandingkan ttabel, sehingga teknik clustering efektif digunakan dalam menulis karangan deskriptif.

Kata Kunci: menulis, teks deskriptif, teknik clustering.

172hlm

Dokumen :

Anda harus login untuk mengunduh dokumen ini